kelulusan

Graduation...



Kelulusan, yang gue inget Cuma kita seneng-seneng sambil pelukan sama temen-temen sambil bilang “jangan lupain gue pokoknya”, “bakalan kangen sama lu semua L” pokoknya ada yang sampe kaya drama banget gitu.’
Eh btw ini momen kelulusan yang gue maksud itu, yang pas lagi dibagiin kertas yang isinya lulus atau tidak lulus. Pas hariha itu gue malah telat dateng soalnya dijalan macet haha:D , terus pas gue dateng, orang-orang udah pada pegang kertas semuanya, sengaja buka kertasnya nanti barengan gitu katanya. Sedangkan gue masih lari dari ujung gerbang sekolah ke arah aula tempat temen-temen satu sekolah gue pada kumpul buat buka kertas kelulusan itu. Sambil lari, gua Cuma pikir “lah kertas gue dimana ya? Ada yang ngambilin gak ya? Terus gue cari kertasnya dimana?” pas udah sampai aula, langsung gue disuruh cari wali kelas gue buat ambil surat kelulusan gue, dalam hati ngomong dengan sombongnya “aah, lulus lah pasti, kan gue anak teladan (telat dateng pulang duluan) :D
Pas gue udah buka itu kertasnya dan gue dinyatakan lulus, ya LULUS, gue lulus!
Gue gak nyangka banget kalo gue udah lulus sekolah, gue udah 12 tahun sekolah berarti tapi rasanya cepet banget, di saat itu juga gue langsung jingkrak-jingkrak kegirangan bilang ke temen gue kalo habis lulus ini gue bebas dari penyiksaan, hehe maksudnya bebas dari hafalan, bebas dari presentasi dadakan kaya tahu bulat, bebas dari tes lisan rumus-rumus pelajaran, pokonya banyak deeh. Pokoknya gue bahagia banget, gue Cuma mikir kalo sekolah udah lulus, yaudah, pokoknya gue mau jalanin hidup gue dengan mimpi-mimpi masa SMA gue, yaitu jadi seorang traveler yang bebas jalan-jalan, Cuma foto sana-sini cari pemandangan bagus terus kita bisa endorse daaaan itu semua dibayar lho.
Saat itu sama sekali gue lupa banget tentang jadwal tes masuk perguruan tinggi yang belum gue jalanin, yang belum gue anggap itu selesai. Tapi di momen kelulusan itu, semua beban hidup rasanya hilang, ya walaupun sejenak siih.
Tapii, salah satu temen gue bilang, “jangan seneng dulu zaah, ini itu awal bukan akhir dari kehidupan, setelah lo lulus, justru makin banyak beban yang bakal lo tanggung.” Teruus setelah dia ngomong gitu, gatau kenapa rasanya jleb bangett, tiba-tiba gue diem, langsung kepikiran kalo masa depan lo masih panjang zah, bukan Cuma disini, ini Cuma sebagai pengantar cita-cita lo, lantas habis ini pokoknya lo harus berjuang lebih keras lagi buat kejar mimpi-mimpi lo, buat bahagiain ortu lo.
Tiba-tiba rasa bahagia yang ada di diri gue saat itu perlahan mulai hilang, gue pengen duduk sambil merenung. Tapi gak sedikit temen-temen gue yang kasih ucapan selamat buat gue, soalnya gue udah di terima di PTN, dan ada salah satu dari mereka ada seorang perempuan yang cantik hatinya, yang udah bikin gue berubah, yang selalu motivasi gue di kala gue ambruk, yang selalu setia nemenin gue mulai dari smp sampai sekarang, yang udah rela-relain waktunya buat terus kasih tau gue arti persahabatan yang seutuhnya,, mulai dari sebelum kain itu gue sematkan di kepala, dia udah sematkan itu pada kepalanya sejak lama, dan gue gatau kapan. Dia yang berhasil bikin gue termenung tentang arti hijab, dia yang membuat gue berfikir bahwa hijab itu sangat penting, dan sampailah gue pada kesadaran untuk berhijab itu. Ya walaupun gue tau hijab gue jauh dari kata sempurna tapi gue berusaha buat perbaiki itu. Dia, sahabat gue bilang, “selamat ya zah, kamu udah berhasil dapet PTN yang lo cita-citain, doain ya, semoga gue bisa nyusul lo.” Seketika air mata itu gak bisa gue tahan. Tapi di sisi lain gue bilang dalam hati, “ketika lo semua bilang tentang hidup orang, pasti yang lo liat Cuma covernya aja, bahagianya aja, tapi lo gatau dalam hatinya gimana, lo gatau usaha kerja kerasnya gimana, contohnya gue, ketika lo lihat hidup gue udah enak, udah terjamin masuk universitas, tapi nyatanya hati gue goncang,bingung, tentang keraguan yang selalu ada dalam diri gue buat masuk universitas itu dan tentang pikiran buruk  yang selalu membayangi gue. Dan pada intinya, jangan lo lihat orang dari sisi kebahagiannya aja, sampai-sampai lo gak mensyukuri hidup lo, ingat! Kalo lo bisa buat kebahagiaan lo sendiri dengan cara lo sendiri, gak perlu selalu iri sama kehidupan seseorang. Ini tentang hidup lo, tentang masa depan lo, lo berhak atas cita-cita yang lo idam-idamkan, dan satu lagi, belajar ikhlas itu penting banget, supaya kita tau kalo apa yang kita mau belum tentu itu yang terbaik untuk kita. Karena rencana Allah selalu indah tanpa kita ketahui.
A~

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Terkadang cuma butuh waktu istirahat

tentang gap year

wirausahawan