sia - sia



sia-sia


 
sebenernya hidup di dunia ini gaada yang sia-sia, selama kita bisa ambil pelajaran dari setiap apa yang kita kerjain. Dan yang bisa nilai itu semua Cuma diri kitanya sendiri, apakah kita mau bangkit dari kesia-siaan itu, apakah kita mau ambil hikmahnya, atau kita malah bilang “ah, udahlah terlanjur, orang juga udah tau sifat gue ya gitu”. Tapi, ini bukan masalah tentang penilaian orang lain tentang diri kita, tapi ini tentang konsep memperbaiki kualitas diri kita.
Disini gue juga mau bilang, kayanya semakin kesini, orang itu gampang banget mau nilai orang lain, mau komen kayak apapun bebas, seburuk apapun itu dan sebaik apapun itu, tetep aja dikritik. Mau di sosmed, mau dikehidupan nyata, nyatanya ada aja yang nyinyir.
Contohnya gini, sekarang kan gue lagi masa gap year, mungkin orang akan berfikir, “percuma yah, sekolah di sekolah unggulan tapi pas lulus gitu-gitu aja, kuliah enggak, kerja juga enggak. Udah gitu pas masih sekolah, dia juga segala pake ikut les sana-sini pula, ya tapi tetep aja tuh dia nganggur.”
Pertama, yang pengen gua bilang, gaada cuy ilmu yang sia-sia, semua ilmu dipelajari dan pastinya ada manfaatnya, selama ilmu itu gak melenceng aturan yang udah ada. Yang kedua, belum tentu seseorang yang lulus di sekolah unggulan hidupnya bakal terjamin karena semua itu tergantung sama individunya sendiri, bagaimana kerja kerasnya dan bagaimana rezekinya. Ketiga, belum tentu sesuatu yang mereka bilang tentang kesia-siaan orang itu gak bermanfaat buat individu itu, kayak gue yang dibilang sia-sia lulusan sekolah bagus, tapi gitu-gitu aja, tapi mereka gak tau kalo gue itu sebenernya lagi berusaha buat masuk perguruan tinggi, ya walaupun sempet gap year, dan gue juga sebenernya lagi belajar buat jadi wirausahawan yang gak mereka tahu persis, ya walaupun Cuma dapet uang receh mungkin buat mereka, tapi why not?
Jadi gitu, intinya jangan terlalu mikirin pendapat orang lain, pokoknya dengerin boleh, resapin boleh, tapi selama yang lo lakukan itu baik dan bermanfaat buat lo, dan gak merugikan orang lain, lakuin aja, this is about your life.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Terkadang cuma butuh waktu istirahat

tentang gap year

wirausahawan